Pariwisata

KEBUN BINATANG SURABAYA

Kebun Binatang Surabaya (KBS) terletak di Jalan Setail No. 1 Surabaya. Kebun binatang ini terkenal dan menjadi salah satu tujuan rekreasi yang sangat membanggakan karena menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. Lokasi kebun binatang ini cukup terkenal karena terletak di depan patung “Suroboyo”, yang merupakan ikon dari Hiu dan Buaya yang melambangkan kota Surabaya. Selain itu, KBS juga mudah dijangkau karena dekat dengan terminal Joyoboyo.

Ada lebih dari 351 spesies dan lebih dari 2000 hewan hidup di kebun binatang ini. Salah satu diantaranya adalah termasuk spesies asli Indonesia dan yang terancam punah di dunia, baik Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

Setiap kandang hewan dikelompokkan ke dalam kategori. Misalnya, unggas atau burung (Aves), di mana ada pelikan Australia, burung merak, jalak Bali, dan burung unta. Juga ada, harimau sumatera, macan tutul, harimau putih, singa, dan beruang.

Di sisi belakang kebun binatang, merupakan kandang untuk primata termasuk orangutan, simpanse, babon dan bekantan. Setelah itu, Anda dapat melihat kandang jerapah, kuda, rusa, unta, kuda nil, dan elderly bison Amerika.

Ada juga koleksi satwa yang dilindungi dan langka seperti komodo, dapat ditemukan di Kebun Binatang Surabaya ini. Hewan lain yang mungkin juga langka seperti tapir, babi rusa dan Anoa. Kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat konservasi bagi hewan-hewan.

Selain hewan darat, Anda juga dapat melihat air tawar dan ikan air laut yang terletak di daerah Aquarium. Di Aquarium ini terdapat Arapaima gigas yang merupakan ikan air tawar terbesar di dunia, berasal dari Amazone, Amerika Selatan. Di daerah ini ada juga spesies binatang reptil seperti beberapa jenis buaya, ular, iguana dan penyu. Untuk dapat masuk ke area ini, Anda harus membeli tiket seharga Rp 3.000, – per orang.

Kebun Binatang Surabaya setiap hari buka pukul 08.00 AM – 17.00 PM, dengan biaya masuk sekitar Rp. 10.000 per orang. Kebun binatang ini adalah salah satu kebun binatang tertua di Asia. Kebun Binatang Surabaya pertama kali dibuka untuk publik pada bulan April 1918. Bahkan di tahun 1970, kebun binatang ini sempat menjadi kebun binatang dengan koleksi paling lengkap di Asia Tenggara. Dengan luas 15 hektar, tempat ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk berjalan-jalan dan olahraga.

Saat ini, Kebun Binatang Surabaya adalah memiliki peran menjadi tempat untuk Pendidikan keluarga dan tempat Rekreasi. Dengan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kebun Binatang Surabaya, bisa menjadi laboratorium hidup dan tempat yang menyegarkan.

Sumber : http://www.eastjava.com/tourism/surabaya/ina/surabaya-zoo.html

SUROBOYO CARNIVAL NIGHT MARKET

Suroboyo Carnival Night Market (SCNM) hadir dengan konsep unik, yakni menggabungkan wahana permainan dengan market atau tempat belanja. Konsep yang menarik, siapa sih yang tidak suka dengan wahana menguras adrenalin, apalagi setelah capek bermain tinggal beralih untuk memanjakan “nafsu” botong oleh-oleh alias belanja di tempat yang sama. Sesuai namanya “Night”, SCNM memang beroperasi dari sore hingga malam hari tepatnya pukul 16.00-24.00 WIB.
Berlokasi di di Jl. Ahmad Yani No. 333 Waru, Sidoarjo atau perbatasan Surabaya-Sidoarjo SCNM resmi soft launching pada Senin, 28 Juli 2014 kemarin atau tepat 1 Syawal 1435. Tiket masuk relatif murah sekitar Rp.15.000-25.000,-
Sumber : http://rideralam.com/2014/07/29/berkonsep-taman-bermain-dan-wisata-belanja-di-malam-hari-suroboyo-carnival-night-market-scnm-siap-manjakan-pengunjung/

TAMAN SAFARI INDONESIA II

Taman Safari II atau biasa di sebut sebagai Taman Safari Prigen berada di lereng gunung Arjuna di kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Taman Safari memiliki koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa lokal, seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, Harimau Putih, Gajah, Anoa, badak bercula satu dan masih banyak lagi.

Selain satwa dari yang berada di Indonesia, di sini juga terdapat satwa dari Africa dan America. Ditambah lagi, bagi mereka yang ingin berdekatan secara langsung dengan satwa seperti Orang Utan dan Harimau bisa mampir ke Baby Zoo dimana pengunjung dipersilahkan untuk berfoto dan berinteraksi dengan hewan yang masih kecil dan jinak.

Sumber : http://www.eastjava.com/tourism/pasuruan/ina/taman-safari.html

JATIM PARK

Jawa Timur Park atau Jatim Park adalah salah satu obyek wisata di Batu, yang mengemas satu wahana rekreasional dan edukasi untuk keluarga. Lokasi Jatim Park terletak di 20 Km dari Kota Malang dan telah menjadi salah satu icon pariwisata resmi Jawa Timur, dengan 36 wahana seperti: Spinning Coaster, Drop Zone, kolam renang, rumah hantu, rumah pipa dan banyak lagi.

Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung berupa outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Jawa Timur Park juga dilengkapi dengan Club Bunga Butik Resort & Pondok Penginapan Jatim Park.

Jatim Park terletak di lereng timur gunung Panderman, seluas 11 hektar dengan ketinggian 850m diatas permukaan laut. Wahana rekreasi ini didukung dengan hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya. Nilai plus dari wahana ini tentu saja di dapat dari kesejukan dan keindahan alam di sekitar Jatim Park dan kota Batu pada umumnya.

Sumber : http://www.eastjava.com/tourism/batu/ina/jatim-park.html

BATU NIGHT SPECTACULAR

BNS adalah sebuah tempat rekreasi baru di Kota Batu, tepatnya berada di Desa Oro-Oro Ombo. Perjalanan menuhu BNS menggunakan kendaraan pribadi memerlukan waktu tidak lebih dari 15 menit dari pusat kota., jika kondisi lalu lintas sedang lancar. Sesuai namanya, Batu Night Spectacular merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang hanya dapat dinikmati malam hari, buka mulai pukul 15:00 sampai dengan 24:00. Dengan memiliki waktu operasional dimalam hari, Batu Night Spectacular merupakan sebuah alternatif tujuan untuk melepaskan penat dari beban rutinitas kerja atau kegiatan lain yang telah dilakukan pada siang hari. Rasanya sangat tidak berlebihan jika saya menyebut BNS sebagai satu-satunya tempat rekreasi keluarga yang dapat dinikmati pada malam hari untuk seputaran kota Batu, karena disini tersedia banyak permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung dari segala umur dengan tiket masuk yang sangat murah, yaitu sebesar 10 ribu rupiah untuk tiap orang. Mungkin inilah disneyland-nya kota Batu.

BNS sendiri menyajikan aneka wahana permainan yang bisa di nikmati untuk seluruh anggota keluarga Anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara tertinggi, lampion garden dan trampoline. Di obyek wisataBNS ini Anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana menarik, seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam.

Usai menikmati beragam wahana yang tersedia di areal seluas 3 ribu meter persegi ini, anda bisa mengisi perut sekaligus beristirahat di sebuah food center yang dinamakan Food Court. Ada banyak pilihan menu minuman maupaun makanan di area ini. Tinggal pilih minuman dingin atau panas. Begitu halnya makanan. Banyak menu yang bisa dipilih sesuia selera. Kenikmatan di food court bukan hanya pada menu makanan atau minumanya. Tapi, juga sajian yang dibeerikan saat pengunjung menikmati makanan maupun minuman. Ditengah-tengah menikmati hidangan, manajemen BNS Batu akan menyajikan show time. Ada panggung musik yang menghadirkan musik-musik ataupun kesenian tradisional. dan pada puncak show time, anda akan melihat satu satunya pertunjukkan yang ada di ndonesia, yaitu Air Mancur Menari. Tarian air mancur diiringi permainan lampu warna-warni itu mampu memaksa mata pengunjung tertuju ke liukan air. Air mancur itu terlihat cukup lihai menari mengikuti lantunan lagu. Dari lagu instrumental, pop rock, hingga dangdut koplo. Puas menyaksikan tarian air mancur, pengujung masih disuguhi dengan pertunjukkan yang menggunakan layar lebar terpanjang di Indonesia. Pertunjukkan ini memberi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Dengan layar 50 meter di atas kita.

Sumber : http://infobatumalang.blogspot.com/2010/07/bns-batu-night-spectacular.html

PULAU SEMPU

Pulau Sempu merupakan cagar alam yang dilindungi oleh Pemerintah, Pulau ini terletak di wilayah Kabupaten Malang, pesona pulau ini sangat indah, dengan panorama laut yang memesona dan berpasir putih, airnya berwarna biru bening sehingga pemandangan bawah laut bisa dilihat dengan mata telanjang, ditambah lagi dengan pemadangan alam yang masih asri dan berbukit – bukit.

Untuk mencapai lokasi pulau ini, dari Kota Malang menuju Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang tepatnya di Wana Wisata Pantai Sendang Biru, sekitar 70 km, dan harus menyeberang menggunakan perahu motor sewa dengan tarif Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) PP rombongan maksimal 10 orang. Pulau yang tak berpenduduk ini dihuni oleh satwa antara lain, burung elang, burung rangkok badak, elang laut dan berbagai jenis burung lainnya. Terdapat pula binatang kijang, babi hutan, ular dll.

Sebelum menuju Pulau ini, pengunjung diwajibkan lapor di pos penjaga dan menaati peraturan yang melarang pengunjung merusak cagar alam, membuang sampah sembarangan juga disarankan untuk berhati – hati dijalan dikhawatirkan bisa tersesat  karena jalan yang berkelok – kelok dan bercabang – cabang.

Sumber : http://disbudpar.jatimprov.go.id/wisata/wisata-bahari/295-pesona-pulau-sempu-kabupaten-malang.html

 

GUNUNG BROMO 

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Bromo

 

PANTAI LOMBANG

Pantai Lombang hampir mirip kebanyakan pantai di Jawa Timur airnya yang biru dan pantainya yang berpasir dan berwarna agak kekuningan, panaroma  pantai ini sangat indah, apalagi pantainya ditumbuhi pohon cemara udang yang tumbuh di bibir pantai, sehingga menambah elok pantai ini.

Bagi pengunjung yang bepergian  ke Pulau Madura, silahkan datang ke tempat ini berada di Kabupaten Sumenep, yang terletak di ujung timur Madura. Yakni Pantai Lombang kenapa disebut Pantai Lombang, karena Pantai ini terletak didesa Lombang, Pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari Surabaya, juga daerah lain di  Jawa Timur.

Yang membedakan pantai ini dengan pantai lain di Jawa Timur adalah pantainya ditumbuhi oleh cemara udang yang menghiasi  hampir seluruh bibir pantai, Untuk menuju ke pantai ini pengunjung dapat menggunakan  kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat, yang jalannya cukup bagus, berjarak sekitar 30 km dari kota Sumenep.

Pantai yang berpasir dan cukup luas ini, sangat cocok untuk berolah raga lari dan sepak bola pantai. Sedangkan fasilitas yang tersedia seperti, tempat untuk bersantai, tempat bermain anak-anak, panggung hiburan dan warung makanan.

Sumber : http://disbudpar.jatimprov.go.id/wisata/wisata-bahari/232-cemara-udang-di-pantai-lombang.html

 

PANTAI SLOPENG SUMENEP

Pantai Slopeng adalah kawasan pantai yang indah penuh pesona alamnya  yang asri dan pohon nyiur dan siwalan tinggi melambai, serta pantai pasirnya yang bersih,  membuat kawasan pantai ini banyak disinggahi oleh wisatawan domestic  maupun dari  mancanegara.

Kawasan pantai ini terletak di jalan raya Ambunten km 17 Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep, yang berjarak 197 km dari kota Surabaya.

Sedangkan fasilitas yang terdapat di pantai slopeng seperti, olah raga air, perahu layar tempat beistirahat atau bersantai, panggung gembira, pesanggerahan, tempat bermain anak, kamar mandi dan toilet.

Pantai ini juga bisa digunakan untuk kegiatan seperti, seni tradisional, lomba memasak dan dihari-hari besar ada ketupatan.

Sumber :http://disbudpar.jatimprov.go.id/wisata/wisata-bahari/211-pantai-slopeng-sumenep.html

 

MONJAYA DAN KYAI TENTREM

Patung Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) adalah , menggambarkan seorang Perwira menengah TNI Angkatan Laut,  lengkap dengan pakaian militer dan atribut kebesaran ,  nampak gagah berani menatap dengan mata tajam ke arah laut luas,  penuh tanggung jawab , dan siap menjaga kedaulatan laut di wilayah NKRI.

Patung ini juga dapat digunakan sebagai  Mercusuar bagi kapal – kapal dagang, kapal penumpang yang lalu lalang melintas disekitarnya , dan menggambarkan Tetenger yaitu tongkat estafet dari generasi baru ke generasi berikutnya.

Monumen ini tingginya 60 meter, terdiri dari gedung beton bundar empat lantai 31 meter,  dan tinggi patung dari penyangga gedung setinggi 29 meter, sedangkan semboyan TNI AL yang terkenal disebut  Jaleveva Jayamahe artinya “ di laut kita jaya”.

Kadispen Mayor Laut Drs.Karyono,  mengatakan pada dasarnya pengunjung Monjaya selalu diberikan kemudahan, jadi tidak benar kalau pengunjung  ada yang merasa dipersulit, kita semua disini saling menjaga keamanan, ketentraman karna Monjaya terletak di basis TNI AL jadi jangan beranggapan seakan-akan tempat  ini dianggab angker, padahal tidak seperti itu, mari berkunjung ke monjaya kami selalu terbuka welcome kepada siapa saja dan gratis tidak dibungut  biaya masuk.

Di halaman samping Monjaya terpampang  sebuah gong disebut Kyai Tentrem mempunyai berat 2,2 ton, berdimeter 5 meter, kemudian mempunyai ketebalan 6  mm, dan bahannya dari kuningan dilapis anti karat “Cotting” , selain itu juga terdapat beberapa ruang seperti, ruang miniature atau repelika kapal perang tempo dulu, foto sejarah Revolusi pembebasan laut aru, foto  kapal perang modern diantaranya KRI Kakap 811, KRI Katon 810, KRI Alkara  830, KRI Warakas 816 dll,  juga terdapat repelika helicopter perang dan ruang Fleet Command Patrolling Force.

Pada zaman orde baru gong Kyai Tentrem digunakan untuk peresmian “ Patung Monjaya”, konon patung ini tertinggi kedua didunia setelah Patung Liberty.

Lokasi Monjaya terletak di Maskar Besar ARMATIM,  Jam berkunjung tempat ini dibuka mulai pukul 08.00 wib sampai  03.30 wib  sore, untuk memasuko area ini pengunjung Bebas tidak dipungut biaya.

Setiap Triwulannya pengunjung pada tahun 2008 mencapai 31.473 orang, pada tahun 2009 jumlah pengunjung  sedikit berkurang yakni 30.801 orang, namun di bulan Juni tahun 2010 sudah mencapai 20.607 orang.

Sumber : http://disbudpar.jatimprov.go.id/wisata/wisata-bahari/137-monjaya-dan-kyai-tentrem.html

 

PANTAI TRIANGGULASI

Menyusuri Alas Purwo sebelah timur, maka wisatawan menemukan sebuah pantai yang bersih dengan hamparan pasir yang membentang dari timur laut ke barat daya. Di sebelah barat, hamparan pepohonan hutan dengan tajuk sedang, terlihat tertata rapi. Hamparan formasi hutan pantai, dan dataran rendah tepat digunakan untuk kegiatan wisata bahari, berkemah atau sekedar mengajak keluarga untuk menginap.

Lokasi pantai bernama Trianggulasi ini tidak jauh dari pos Rowo Bendo, jaraknya sekitar 3 Km ke arah tenggara. Jika perjalanan ditempuh dari Banyuwangi, maka rutenya adalah Banyuwangi – Pasaranyar 65 km, dan Pasaranyar-Rowo Bendo 10 Km – Rowo Bendo – Trianggulasi 3 km.

Deburan ombak di pantai Trianggulasi terlihat cukup tinggi, dengan topografi pantai yang memanjang, ombak ini terlihat mempesona, dan bisa dimanfaatkan untuk surfing. Namun, pihak pengelola Taman Nasional Alas Purwo sengaja tidak mengijinkan peselancar, karena ombaknya masih dianggap berbahaya. Hal ini ditandai dengan larangan melakukan aktivitas apapun di laut termasuk berselancar ataupun berenang.

Jika kebetulan singgah di pantai ini, usahakan untuk menginap, sebab pemandangan Sunset (Matahari tenggelam) cukup memukau. Di sekitar pantai, disediakan penginapan (Guest House). Tarifnya semalam hanya Rp 75.000,-/Kamar dan untuk keluarga juga disediakan satu rumah Rp 150.000,- / malam (berisi 4 kamar).

Jangan lupa, biaya ini hanya untuk menginap, sedangkan jika pelancong berminat menikmati makanan tradisional berupa kudapan ala alas purwo bisa memesan di pengelola guest house

Sumber : http://disbudpar.jatimprov.go.id/wisata/wisata-bahari/79-menyusuri-pesona-pantai-trianggulasi-.html